Desa Cugung

Kec. Raja Basa, Kab. Lampung Selatan
Prov. Lampung

Loading

Desa Cugung

Hari Libur Nasional

Hari Lahir Pancasila

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Selamat datang di halaman website resmi Desa Cugung -- selengkapnya...

Berita Desa

 

Tak kunjung cair,,, bukan satu atau dua bulan dan bukan satu atau dua orang warga masyarakat sering sekali mengeluhkan dengan tidak tersalurkan nya dana bantuan PKH/BPNT yang berasal dari dinas sosial dan tidak adanya kepastian padahal masih terdata aktif sebagai keluarga penerima manfaat PKH/BPNT.

Hari ini Kamis Tanggal 01 September 2022, pemerintah desa cugung sengaja mengundang para warga peserta PKH dan pendamping PKH di balai desa cugung agar dapat menjelaskan permasalahan-permasalahan yang menyebabkan macet nya penyaluran bantuan kepada beberapa warga masyarakat.di sampaikan oleh saudara Nanang selaku pendamping PKH bahwa ada banyak hal yang menyebabkan bantuan ibu-ibu tidak dapat tersalurkan "ibu2, kami bersama dinas terkait dan pihak desa sudah berusaha semaksimal mungkin agar bantuan ibu-ibu dapat di cairkan sebagaimana mestinya, namun ada beberapa KPM yang sampai hari ini tidak kunjung cair, hal tersebut terjadi karena banyak sebab.

Adapun beberapa penyebab tidak cairnya bantuan PKH/BPNT penyebabnya karena hal berikut :

  1. Data NIK/no KK tidak valid capil
  2. Data dapodik tidak terindikasi sistem,kemungkinan kesalahan penginputan NIK,Nama,DLL didata dapodik sekolah,jadi pastikan harus di cek anak yang bersangkutan ke operator sekolah sesuai dengan NIK.
  3. Data lansia terindikasi belum belum melakukan eKTP di capil.
  4. Perbedaan NIK pengurus dan NIK di rekening KPM (misal nama pengurus ternyata anak, sedangkan di rekening adalah nama ibunya) 
  5. Terindikasi penerima dobel bansos dalam satu KK (misalkan istri penerima PKH,anggota penerima bansos lain selain PKH)
  6. Terindikasi ada tunggakan pinjaman Bank baik pinjaman online ataupun bank biasa.
  7. Komponen belum masuk DTKS di dinas sosial
  8. Komponen sekolah terindikasi sudah berusia lebih dari 20 tahun ke atas.
  9. Komponen disabilitas belum terindikasi di sistem
  10. Komponen ibu hamil belum terindikasi di sistem
  11. Pengurus meninggal dunia,saat peng updatetan data capil no KK Berubah.
  12. NIK KPM berubah di sistem.
  13. Nama pengurus beda dengan di buku tabungan.
  14. Terindikasi sekolah anak adalah sekolah elit
  15. Terindikasi ada status sosial pekerjaan yang mumpuni dalam KK.
  16. Permasalahan lain nya.
  17. Hasil dari verifikasi sagis.

CATATAN: "dari beberapa permasalah di atas ada yang bisa di perbaiki dan ada juga yang tidak bisa di perbaiki,dan apabila data sudah padan pun kami tidak bisa memastikan apakah bantuannya akan di bayarkan atau tidak, karena semua kebijakan pembayaran bansos bukan dari pemerintah daerah". lanjut Nanang menjelaskan kepada peserta yang hadir.

 

Adapun disampaikan oleh sekretaris desa cugung berharap kepada pengurus dan pendamping PKH/BPNT agar pertanyaan masalah tidak cair tersebut tidak selalu berulang dan agar masyarakat menjadi paham serta mempermudah dalam proses pengurusan untuk tindak lanjut, berharap ketika pada waktu pencairan dan terdapat jumlah nama yang tidak cair agar laporan tersebut juga terlampir alasan penyebab tidak cair nya,agar permasalahan menjadi mudah di pahami dan tentunya tidak menimbulkan kesalah pahaman. misal nama anak si A yang sedang sekolah dasar dana bansos nya tidak cair karena sebab tidak masuk dalam data dapodik, sehingga jelas akar permasalahan nya berada di data sekolah dan jika akar masalah tersebut sudah dapat di pastikan bisa secara langsung pihak pengurus dan keluarga dapat mengunjungi pihak sekolah agar di lakukan singkronisasi data. atau misal penyebab tidak cairnya karena kesalahan nama atau NIK sehingga pihak desa dapat segera melakukan koordinasi dan konsolidasi ke pihak capil untuk perubahan data. hal tersebut agar permasalahan tidak cair nya dana bansos tidak berlarut dan menimbulkan polemik di desa dan agar ada kepastian bagi penerima manfaat terkait kepesertaan nya dalam bansos, dan kepastian tersebut bisa menjadi rujukan bagi pemerintah desa dalam menentukan pengajuan program bantuan lain nya.

 

Kiriman Komentar

Misri Yanti

05 November 2022 16:13:35

Pak,kenapa PKH kami BLN Agustus tdi tidak cair.sedang kn di kantor PKH kmi cek nama kami msh aktif.dan kami juga msh ada anak yg sekolah dan ada balita .tolong penjelasan nya terimakasih

Sadiah

25 November 2022 05:18:40

kenapa pkh saya tidak cair2

Suhermawan

26 November 2022 22:00:14

Pkh saya triwulan 4 gk cair

Reni

26 Januari 2023 22:02:09

Saya sudah terdaftar anggota PKH dari 2021 tapi knp ya blom cair jg data sekolah jg udah bener,bantuan KIP jg udah cair tolong penjelasannya karna KTP dan KK saya jg udah online

Bobi

04 Februari 2023 01:46:02

ALASAN SAJA, Intinya data tidak update di pusat. Kalau di desa selalu update

Siti Maemunah

09 Februari 2023 06:43:20

pak mohon maaf kenpa pkh dan bpnt saya tidak cair2

Kholifah

09 Februari 2023 18:40:45

Maaf sebelumnya saya seorang ibuk rumah tangga. punya anak 2 yg 1SD yg no 2 PAUD dulu saya dapat PKH sekarang udah gak dapat lagy kenapa.?....terus kalau memang dari dulu salah mungkin saya g bakalan dapat dulu?..terus yg saya kecewa kenapa sekarang udah g dapat lgy ad ap.?..kenapa ibuk miskin kayak gini ko di buat rumit..tolong penjelasannya.mksih

Kholifah

09 Februari 2023 18:44:55

Maaf sebelumnya saya seorang ibuk rumah tangga. punya anak 2 yg 1SD yg no 2 PAUD dulu saya dapat PKH sekarang udah gak dapat lagy kenapa.?....terus kalau memang dari dulu salah mungkin saya g bakalan dapat dulu?..terus yg saya kecewa kenapa sekarang udah g dapat lgy ad ap.?..kenapa ibuk miskin kayak gini ko di buat rumit..tolong penjelasannya.mksih

SUWADi

15 Februari 2023 05:37:34

Bapak saya punya PBI apbd dan di survey pendamping pkh tp d cek bansos data bapak tidak muncul kira kira kenapa ya

Sonia Maya Copra

21 Februari 2023 10:56:51

Pak kenapa PKH kami tidak pernah cair padahal anak saya masih sekolah

Repriyarni

08 Maret 2023 17:16:11

Assalamu'alaikum,. Kenapa PKH dan BNPT saya sudah 2 kali ini pencairan tidak cair2, sedangkan saya adalah warga kurang mampu mempunyai anak balita dan anak sekolah,mohon solusinya

Sutinah

29 Maret 2023 12:19:28

Pak kenapa pkh atas nama sutinah gx cair cair

Sri Rahayu

01 April 2023 00:18:44

Kenapa kartu kks PKH saya hanya 1 x saja cair nya

Salmiah

01 April 2023 01:44:43

ass buk mengapa Pkh saya gak cair lagi sedangkan saya masih mempunyai anak sekolah SD dan SMP,mohon solusinya buk

Sirojudin

01 April 2023 08:05:12

selama kita jadi warga indonesia gk prnh dpt bantuan apapun itu

Misnawati

07 April 2023 07:20:18

Pak, dari tahun 2020 sampai tahun 2023 PKH dan bpnt saya tidak pernah cair, dan KIP anak sekolah juga tidak cair lagi, tolong penjelasannya dan bantuannya pak

Mona

10 April 2023 17:17:42

Kenapa di Papua kebanyakan pkh di hentika. Padahal suda di kirim ulangg data berkali2

Admin Website

10 April 2023 22:51:30

Assalamu alaikum,,, salam sejahtera buat kita semua. saya selaku admin website ini mengucapkan permohonan maaf bila tidak segera membalas pesan bapak/ibu. 1. terkait pertanyaan masalah diatas. boleh di cermati kembali beberapa penyebab pkh tidak cairnya,informasi tersebut kami dapat kan dari dinas terkait dan bisa jadi terdapat penyebab lain nya. 2. terkait informasi kurang jelas bisa di tanyakan ke masing-masing desa nya barangkali informasi lain dan bisa jadi beda daerah beda penyebab masalah nya. 3. mohon maaf bila jawaban kami atau informasi yang kami sampaikan kurang jelas.

Sri Muryani Winarta

11 April 2023 07:54:35

Yang terhormat Bpk/Ibu knp dana PKH saya tdk lg cair pd hal saya msh ada 2 anak yg msh duduk di sekolah SMK bantuan KIP pun sama tak ada yg cair.

Megawati

11 April 2023 19:28:25

Assalamualaikum BPK atau ibu kenapa keluarga saya tidak pernah mendapatkan bantuan di wilayah saya sedangkan saya dan suami saya tidak bekerja anak saya 3 yg bersekolah 2 dan untuk mendapatkan KJP pun tidak apalagi PKH dan saya juga sudah bertanya ke pak RT saya kenapa saya tidak bisa mendapatkan bantuan tolong di bantu pak terimakasih

Bibiana

19 April 2023 01:06:07

Kenapa punya saya dari tahun 2022 sampai skrg gk pernah cair lg,, sementara poin² yg menyebab kn punya saya tidak cair itu tidak ada,, mohon dong penjelasanya ?

Supi

19 April 2023 17:22:52

saya tinggal sama orang tua yg usianya sudah 70an tahun.dia terdaftar jd pkh lansia tp semenjak dari covid sampainsekarang yang lain pada cair tp punya orang tua tsb tdk pernah cair

Supi

19 April 2023 17:26:20

saya merawat orang tua yg sudah janda usia 70thnan .terdaftar sbg PKH lansaia tp semenjak kovid sampai sekarang tdk pernh cair.sudah berkali2 saya tanya kpd pendamping tp blm ada jwbn masalahnya.

Ria Wahyuni

03 Mei 2023 22:17:18

PKH tahap 2 tak kunjung cair , yang lain sudah cair

Yoyoh Mintarsih

05 Mei 2023 04:47:59

Kenapa yaaa..bpnt selalu yg cair fari kpm yg la teruss dan sdh berulang ulang caiir .sedangkan yg baru tidak cair cair .knpa seperti itu ..apa tidak bisa memproses dengam adill.sa6a pernah antei dari sbuh sampai magrib Kenyataannya zonk terus..sedangkan yg lama teruuus dpt ...knpa memberikan harapan palsu teruus perintah pada rakyat kecil ..

Suwartini

08 Mei 2023 07:27:18

saya ditahap 1 cair,trs tahap 2 nya blm cair,dicek bansos msh januari maret,apakah kemungkinan msh bs cair bantuanya

Febwal Afiat Zandroto

10 Mei 2023 05:48:11

Apa yang menjadi masalah. Tidak menerima PKH lagi padahal status masih aktif. Menerima hanya sampai bulan September 2022. Setelah itu tidak lagi.

Khuriyah

27 Mei 2023 02:08:50

Cek bansos berubah trus,tp bantuan gak cair karna kartu rekening blm turun gmana caranya?padahal klo lewat kantor pos cair

Aan Andriyani

30 Mei 2023 05:41:02

PKH dari thn 2022 sampai sekarang tdk cair, Sedangkan data saya masih tercantum di kemensos.. Tolong dong bpk/ibu di teliti lagi. Terimakasih

Nur Kartikasari

02 Juli 2023 15:32:04

Kenapa pkh saya nggk cair2. Padahal masih punya anak sekolah.. Yg lain masih pda cair. Kenapa punya saya sudah nggk cair.. Padahal baru kemRin dpt pkh... Sedangkan yg lain yg sudah puluhan tahun masih dapat pkh.

Nur Halimah

03 Juli 2023 11:13:42

PKH saya sudah tidak cair,pdahal saya masih punya anak balita dan anak sekolah,dan pejerjaan suami cuma bengkel motor kecil kecilan itu aja di depan rumah karna tidak punya tempat untuk usaha,rumah pun masih numpang sama mertua,trimakasih atas perhatianya

SUMIATI

06 Juli 2023 23:42:34

TTM pkh nya keblokir kalau caranya membuka blokirannya gimana ya

Debfrian

22 Juli 2023 10:41:48

Apakah betul jika ada salah satu anggota keluarga yg sama dalam kk jadi guru honorer orang tua tidak mendapatkan lagi bantuan PKH ?

Aliya

04 Agustus 2023 02:00:23

mamah ku jga pkh nya tidak cair cair kata pendamping nya kk nya yg salah skarang kk udah d benerin tpi gx cair cair knpa ya

Suhairiyah

28 Agustus 2023 00:41:00

bansos punya saya belum cair yang bulan agustus 2023

KARTINI

29 Agustus 2023 13:08:15

kenapa PKH dan bpnt saya tidak cair.padahal saya masih punya balita dan anak sekolah

Mahdinah

31 Agustus 2023 09:34:15

Knp bantuan PKH saya blum cair apa SDH dihapus...status x blum berubah dari prode April Juni mohon penjelasan x

Kusnia

02 September 2023 08:12:25

Saya mau dpt uang pkh

Komariah

04 September 2023 16:53:18

Orang saya lagi sakit

Komariah

04 September 2023 16:53:19

Orang saya lagi sakit

Dewi Merpati Marlina

05 September 2023 03:17:25

Okh saya sudah tdk cair dr thn 2021 sudah dilakukan perubahan tp blm keluar jg

Dewi Merpati Marlina

05 September 2023 03:17:27

Okh saya sudah tdk cair dr thn 2021 sudah dilakukan perubahan tp blm keluar jg

Admin

08 September 2023 15:56:27

Bapak Ibu yg kami hormati,, mohon maaf bila respon jawaban kami telat,, perihal semua pertanyaan berkaitan masalah bantuan PKH/BPNT bisa di tanyakan di masing-masing desa nya, dan sekarang ini untuk pengelolaan dan validasi data Dinsos sudah bisa di lakukan di masing-masing desa, silahkan menghubungi desa nya masing2. dan mohon untuk tidak mengirimkan foto KTP/KK. terima kasih dan mohon maaf.

Karnadi

01 November 2023 10:55:59

Kenapa Kartu PKH&GPN Saya Tidak Cair Cair Sudah Hampir 3tahun Sedangkan anak Saya Masih Sekolah

DARNA

14 November 2023 03:57:52

Pak kenapa pkh saya ga cair Sedangkan saya cek identitas saya sy SDH lam mendapat kan pkh TPI blm cair Tolong penjelasan nya

DARNA

14 November 2023 03:59:39

Tolong bantu saya mencair kan pkh saya pak

Piman

15 November 2023 07:31:59

Pkh

IRNANIK

15 November 2023 11:58:24

Kenapa PKH saya sudah tidak cair lagi saya masih punya anak sekolah SD dan SMA sudah setahun lebih tidak cair lagi

Maksimus Uja

29 November 2023 06:19:22

BPNT Saya juga tidak dapat sudah 2 tahun lebih

Cicih Cuarsih

20 Januari 2024 02:26:16

Pkh saya sudah tidak cair hampir 3 tahun

Sriwinartini Bulu

01 Februari 2024 12:37:17

Mau menjadi salah satu penerima

Siti Nur Aliah

07 April 2024 09:43:35

Padahal harapan saya satu2 y hanya dapet PKH untuk nyambung hidup kedepan karena gajih dan THR suami abis untuk bayar pinjol tapi apalah dayaku PKH tak kunjung cair lagi,,

AAm Nurhasanah

23 April 2024 00:15:26

Saya punya anak 3 masih pada sekolah tapi kenapa tidak pernah dapat PKH anaksaya sd1 SMP 1 SMA 1 tapi gk pernah dapat pkh

AAm Nurhasanah

23 April 2024 00:15:29

Saya punya anak 3 masih pada sekolah tapi kenapa tidak pernah dapat PKH anaksaya sd1 SMP 1 SMA 1 tapi gk pernah dapat pkh

Beri Komentar

CAPTCHA Image

Desa

851

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI851penduduk

790

PEREMPUAN

PEREMPUAN790penduduk

1.641

TOTAL

TOTAL1.641penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

3

Orang

Pindah

3

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

2

Orang

Masuk

2

Orang

Pindah

3

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

2

Surat

Minggu Ini

6

Surat

Bulan Ini

44

Surat

Bulan Lalu

37

Surat

Tahun Ini

189

Surat

Tahun Lalu

1,055

Surat

Total

3,474

Surat

Statistik Pengunjung
Hari ini : 111
Kemarin : 1.400
Total Pengunjung : 2.019.063
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 44.211.117.197
Browser : Tidak ditemukan
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 15:00:00
Selasa 08:00:00 15:00:00
Rabu 08:00:00 15:00:00
Kamis 08:00:00 15:00:00
Jumat 08:00:00 11:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Statistik Pengunjung
Hari ini : 111
Kemarin : 1.400
Total Pengunjung : 2.019.063
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 44.211.117.197
Browser : Tidak ditemukan
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 15:00:00
Selasa 08:00:00 15:00:00
Rabu 08:00:00 15:00:00
Kamis 08:00:00 15:00:00
Jumat 08:00:00 11:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

Transparansi Anggaran

APBDesa 2023 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.162.501.427,27Rp. 1.194.513.837,00

97.32%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.191.153.220,00Rp. 1.235.581.875,95

96.4%

Pembiayaan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 41.068.038,95Rp. 41.068.038,95

100%

APBDesa 2023 Pendapatan

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 788.058.000,00Rp. 788.058.000,00

100%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 49.037.900,00Rp. 49.037.900,00

100%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 319.061.800,00Rp. 351.417.937,00

90.79%

Bantuan Keuangan Provinsi

Realisasi | Anggaran

Rp. 6.000.000,00Rp. 6.000.000,00

100%

Bunga Bank

Realisasi | Anggaran

Rp. 343.727,27Rp. 0,00

100%

APBDesa 2023 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 657.766.220,00Rp. 695.743.875,95

94.54%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 225.667.000,00Rp. 230.617.000,00

97.85%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 52.133.000,00Rp. 52.133.400,00

100%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 169.387.000,00Rp. 170.887.600,00

99.12%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 86.200.000,00Rp. 86.200.000,00

100%
Pemerintah Desa

SYAFRUDIN ALI

Kepala Desa

MUHTAR

sekretaris desa

APRIAN HANDIKA

Kasi Pemerintahan

AGUS HENDRA IRAWAN

Kasi Kesra

DINA MULYANI

Kasi Pelayanan

AMONG DAUD

Kaur Keuangan

KISDIYANTO

Kaur Umum

BAMBANG IRAWAN

Kaur Perencanaan

KOMARUDIN

Kadus I

ISMAIL

Kadus II

ROBANI.T

Kadus III

SANUSI

Kadus IV

SARJAYA

Operator Desa

MUKMINAH

Pengurus Barang

SYARIFUDDIN

Ketua RT 001

ASMANI

Ketua RT 002

SUEDI

Ketua RT 003

ASMINJAN

Ketua RT 004

SADAM

Ketua RT 005

HUMAEDI

Ketua RT 006

HARIS

Ketua RT 007

M. SAAN

Ketua RT 008

KHOLIFAH

Ketua RT 009

WARDI

Ketua RT 010

SUKI

Ketua RT 011

NAWAWI

Ketua RT 012