Info Bantuan Sosial | cugung-rajabasa.desa.id
Dalam rangka untuk terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat desa cugung, kini telah di buka pelayanan dan informasi terkait bantuan sosial untuk masyarakat desa cugung sesuai dengan peraturan dan ketentuan pemerintah.
Bagi warga masyarakat desa cugung yang membutuhkan :
- Informasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
- Keluhan Bantuan
- Perbaikan Data
- Pengusulan Bantuan
- Konsultasi Terkait Bantuan Sosial
Kini telah di buka pelayanan tersebut di balai desa cugung pada waktu:
-
- Hari : Setiap Hari Kamis (Kecuali hari libur)
- Waktu : Jam 09.00 s/d 12.00
Syarat dan Ketentuan :
1. INFORMASI DTKS
Warga datang langsung tanpa membawa berkas apapun untuk sekedar informasi terkait data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)
2. KELUHAN BANTUAN
Warga datang langsung kebalai desa dengan membawa data/berkas/informasi terkait keluhan /permasalahan bantuan sosial.
3. PERBAIKAN DATA
Warga datang langsung ke balai desa cugung dengan membawa berkas sesuai yang akan di ajukan untuk perbaikan data, perbaikan data bisa berupa perubahan identitas penerima bantuan atau berupa kesalahan pada berkas data bentuan.
4. PENGUSULAN
Warga datang langsung kebalai desa dengan membawa berkas persyaratan berupa :
-
- Kartu keluarga (KK)
- KTP suami istri/ yang bersangkutan
- Buku Nikah (Jika ada)
- Akta Kelahiran Anak
- Materai @10.000 satu lembar
- Mengisi formulir surat pernyataan sebagai warga/keluarga tidak mampu/miskin.
- Foto Tempat tinggal dan informasi rumah tangga/keluarga.
- Aktivasi IKD (Jika Memiliki HP/android)
5. KONSULTASI
Warga datang langsung ke balai desa menemui petugas layanan bantuan sosial (Agus hendra irawan/Muhtar).
Sebagai Tambahan informasi terbaru terkait bantuan sosial tahun 2023, simak info berikut:
Tahun ini pendistribusian bantuan sosial mengalami beberapa perubahan dan perbaikan yang perlu dipahami masyarakat. Penting bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk memahami sistem distribusi bantuan sosial yang sekarang.
Pemerintah melalui Kementerian Sosial resmi melaksanaan sistem distribusi yang baru. Sistem ini merupakan revisi dari pelaksanaan distribusi dana bantuan sosial tahun 2022.
Simak Skema Penyaluran dan Pembagian nya Sebagai Berikut:
1.Skema Nominal Bansos PKH Melalui PT. Pos
NO |
KATEGORI |
INDEX/TAHUN |
INDEX/3 BULAN |
1 |
Ibu Hamil |
3.000.000 |
750.000 |
2 |
Anak Usia 0 sd 6 Tahun |
3.000.000 |
750.000 |
3 |
Anak Sekolah SD |
900.000 |
225.000 |
4 |
Anak Sekolah SLTP |
1.500.000 |
375.000 |
5 |
Anak Sekolah SLTA |
2.000.000 |
500.000 |
6 |
Disabilitas Berat |
2.400.000 |
600.000 |
7 |
Lanjut Usia 70 Tahun Ke Atas |
2.400.000 |
600.000 |
2. Skema Nominal Bansos PKH Melalui HIMBARA
NO |
KATEGORI |
SKEMA PENYALURAN TAHUN 2023 |
TAHAP 1-2 |
JULI-AGUST |
SEPT-OKT |
NOV-DES |
1 |
Ibu Hamil |
1.500.000 |
500.000 |
500.000 |
500.000 |
2 |
Anak Usia 0-6 Tahun |
1.500.000 |
500.000 |
500.000 |
500.000 |
3 |
Anak Sekolah SD |
450.000 |
150.000 |
150.000 |
150.000 |
4 |
Anak Sekolah SLTP |
750.000 |
250.000 |
250.000 |
250.000 |
5 |
Anak Sekolah SLTA |
1.000.000 |
333.333 |
333.333 |
333.333 |
6 |
Disabilitas Berat |
1.200.000 |
400.000 |
400.000 |
400.000 |
7 |
Lansia 70 Thn > |
1.200.000 |
400.000 |
400.000 |
400.000 |
Cara Mengecek Status Bansos PKH 2023
- Buka cekbansos.kemensos.go.id di browser web Anda.
- Isi detail Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan Anda.
- Masukkan nama Penerima Manfaat sesuai dengan KTP.
- Ketikkan kode yang muncul di kotak kode.
- Klik "CARI DATA" untuk melihat informasi Anda.
Masyarakat yang belum terdaftar dalam DTKS bisa mendaftar secara mandiri di kantor desa mereka untuk terdata di DTKS Kemensos.
Cara Mencairkan Bansos PKH 2023
Pencairan Bansos PKH 2023 juga bisa dilakukan di Pos Indonesia dengan tiga skema yang ditawarkan:
- Datang langsung ke Kantor Pos sesuai jadwal pencairan.
- PT Pos Indonesia mendatangi komunitas seperti RT, RW, Kelurahan untuk mendistribusikan bantuan.
- Skema pintu ke pintu, di mana petugas Pos Indonesia mengantarkan bantuan langsung ke rumah Anda.