RAB Persiapan OpenSID Sederhana

22 18-1
Admin
Dibaca 591 Kali
RAB Persiapan OpenSID Sederhana

Mempersiapkan perencanaan pembangunan sistem informasi Desa berbasis pelayanan adalah sebuah langkah Berhijrah dari tatakelola administrasi desa secara konvensional menuju Digitalisasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa, Tidak jarang bagi seseorang atau perangkat desa yang baru terlibat di pemerintahan desa merasa bingung atau kurang mengerti bagaimana cara agar layanan administrasi pemerintahan desa dapat berjalan dengan mudah dan praktis dan terkadang ada juga yang bertanya tugas apa saja yang dapat dilakukan ketika di tunjuk sebagai operator smartvillage.

 

Dengan adanya kemudahan informasi saat ini, sahabat desa dapat dengan mudah mencari informasi melalui internet terkait tugas pokok dan fungsi sesuai dengan peraturan pemerintah atau menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di desa,tentunya dengan banyak nya jumlah perangkat desa akan berbeda setiap tugas dan pekerjaan nya sehingga kewajiban kita di desa sebagai pembantu kerja kepala desa dapat terlaksana sesuai fungsi masing-masing.

 

Baca juga,artikel terkait tupoksi menyesuaikan menu sistem informasi desa: Penyesuaian Tupoksi Perangkat Desa Dengan fitur Sistem Informasi Desa

Adanya sebuah aplikasi bukan berarti kita dapat mempergunakan nya secara langsung, namun pada tahap awal perlu dilakukan persiapan dalam membangun sebuah sistem rumah data desa yang dapat mempermudah dalam pekerjaan, pada tahap awal ini mungkin akan terasa menguras tenaga dan pemikiran serta biaya namun kedepan nya akan sangat terasa manfaat dan kemudahan nya secara berlanjut bukan saja bagi para perangkat desa tapi bagi semua yang terlibat di desa bahkan mempermudah pihak supra desa.

 

Karena pada sistem informasi Desa berbasis pelayanan ini sebagai objek dan subjek nya desa dan penduduk desa, maka secara otomatis membutuhkan data terkait kependudukan sebagai database utama nya. nah, di dalam artikel ini sebagai gambaran sederhana dapat menjadi acuan bagi sahabat desa untuk merencanakan sebuah sistem tatakelola pemerintahan desa di mulai dari musyawarah perencanaan, pembagian tugas, pelaksanaan sampai sistem informasi desa dapat di pergunakan sehari-hari dengan berbasis pelayanan masyarakat sehingga semua perubahan data dapat ter dokumentasi secara otomatis, akuntabel dan berkelanjutan.

 

Desain RAB Sederhana Pembangunan Sistem Informasi Desa   

Kebutuhan desa dan kode rekening siskeudes silahkan di sesuaikan 

 

Untuk penjelasan dan keterangan point no 1 sampai point 6 lebih lanjut, sahabat desa dapat bertanya atau pun bertukar saran masukan di kolom komentar di bawah.