Desa Cugung


Kecamatan Raja Basa

call 082124402498| mail_outline cugungdesa@gmail.com

Selamat Datang Di Website Resmi Desa Cugung Kecamatan Rajabasa....
fingerprint
Penetapan Status PPKM #4 Lampung Selatan

11 Ags 2021 08:56:38 144 Kali

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Pemerintah telah resmi memperpanjang masa pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 untuk wilayah Jawa dan Bali. Kebijakan ini berlaku sampai tanggal 16 Agustus mendatang.

Pemerintah juga memperpanjang masa PPKM level 4 di wilayah luar Pulau Jawa dan Bali seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Namun yang berbeda, PPKM di luar Jawa akan berlaku selama dua minggu, hingga 23 Agustus 2021.

Sebanyak 45 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa dan Bali menerapkan PPKM Level 4. Untuk Provinsi Lampung terdapat enam kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4.

Enam kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang menerapkan PPKM level 4 yaitu Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Barat, termasuk Kabupaten Lampung Selatan.

Penerapan PPKM Level 4 di kabupaten/kota di Lampung ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 31 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 luar Jawa Bali.

Menindaklanjuti Instruksi Mendagri Nomor 31 Tahun 2021 tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bakal memberlakukan kebijakan PPKM level 4 di seluruh kecamatan.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto langsung mengambil sikap tegas dengan menginstruksikan seluruh camat untuk menjalankan Instruksi Mendagri tersebut.

Langkah itu dipilih untuk mengurangi mobilitas warga dan mencegah kerumunan, demi menekan meluasnya penularan Covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan.

Hal itu ditegaskan Bupati Nanang Ermanto saat memimpin rapat terbatas dengan para pejabat utama, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta 17 camat di Lampung Selatan, di Aula Sebuku, rumah dinas bupati setempat, Selasa (10/8/2021).

Bupati Nanang Ermanto mengatakan, sebagai perpanjangan tangan pemerintah, pemerintah daerah wajib mengikuti arahan dari pemerintah pusat dan gubernur.

“Kita harus tegas di lapangan. Persoalannya bukan suka atau tidak suka, enak atau tidak enak. Tapi apa yang kita lakukan adalah sebagai upaya untuk menyelamatkan rakyat dari bahaya Covid-19,” tegas Nanang Ermanto dalam arahnnya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto saat memimpin rapat terbatas menindaklanjuti Instruksi Mendagri Nomor 31 Tahun 2021. | Foto : Diskominfo

Aturan dalam Instruksi Mendagri Nomor 31 Tahun 2021 tersebut diantaranya membatasi acara hajatan. Dalam poin KETIGA huruf l disebutkan pelaksanaan resepsi pernikahan ditiadakan untuk kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 4.

“Instruksinya jelas, sanksinya jelas. Tugas kita sebagai perpanjangan pemerintah hanya menjalankan instruksi ini saja. Jadi jelas resepsi pernikahan tidak boleh,” tegas Nanang.

Selain itu, dalam Instruksi Mendagri tersebut deijelaskan bahwa pasar tradisional, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, pasar loak, pasar burung/unggas, pasar basah, pasar batik, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol Kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, handsanitizer, yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemerintah Daerah.

Sedangkan untuk supermarket dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50% (lima puluh persen).

Dalam Instruksi Mendagri itu juga disebutkan untuk fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) ditutup sementara.

“Kegiatan yang tidak bisa dihindari seperti pasar tradisional masih bisa dilakukan. Apotek masih buka 24 jam. Termasuk rumah makan atau warteg sekala kecil,” terang Nanang.

Nanang menyebut, pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir, bisa jadi membuat masyarakat merasa lelah. Namun kondisi tersebut kata dia, jangan membuat putus asa dan menyerah seluruh pejabat dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.

“Kita tidak boleh putus asa dengan kondisi level 4 ini. Tetapi kita terus semangat melawan Covid-19. Saya tahu kita semua sudah bekerja makismal 24 jam, hari libur pun tetap bekerja. Inilah tanggungjawab dan konsekuensi kita sebagai pelayan masyarakat,” tandasnya.

Artikel di ambil dari halaman resmi pemkab lam-sel sebagai informasi lanjutan kepada masyarakat,selengkapnya di : https://www.lampungselatankab.go.id/web/2021/08/10/lampung-selatan-ppkm-level-4-bupati-perintahkan-camat-jalankan-instruksi-mendagri-no-31-tahun-2021-ini-larangannya/

 

Kesepakatan dan Pernyataan Bersama Kepala Desa sekecamatan Rajabasa,Tokoh Masyarakat,Satgas Covid-19 Lampung Selatan dan Forkopimcam Kecamatan Rajabasa Terkait Penerapan PPKM #4 di Lampung Selatan

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
chat

  [Ganti]  

KEPALA DESA CUGUNG

SEKRETARIS DESA

KASI PEMERINTAHAN

KASI KESEJAHTERAAN

KASI PELAYANAN

KAUR KEUANGAN

KAUR PERENCANAAN

KAUR TATA USAHA

KADUS I

KADUS II

KADUS III

KADUS IV

assessment Statistik Desa

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:230
Kemarin:1.742
Total Pengunjung:452.156
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.237.16.210
Browser:Tidak ditemukan

map Wilayah Desa

account_circle Aparatur Desa

reorder Ketua RT

share Sinergi Program

contacts Info Media Sosial

Alamat : Jln,Wisata Air Terjun
Desa : Cugung
Kecamatan : Raja Basa
Kabupaten : Lampung Selatan
Kodepos : 35551
Telepon : 082124402498
Email : cugungdesa@gmail.com

folder Arsip Artikel


Kamis, 28 Oktober 2021

reorder FansPage

message Komentar Terkini

  • person adi

    date_range 13 Agustus 2021 09:36:51

    terima kasih mohon izin gunakan or etc [...]
  • person Habsah

    date_range 02 Agustus 2021 23:17:43

    Mungkin dia tau kalau saya baik baik saja [...]
  • person admin

    date_range 31 Juli 2021 17:39:18

    @Rajab,, Tugasnya ngopi... hheee [...]
  • person Oman rohman

    date_range 18 Juli 2021 09:20:59

    Semoga ada kemajuan desa cugung karena di situ ada [...]
  • person Rajab

    date_range 15 Juni 2021 17:13:10

    Tugas sekdes mana [...]
  • person Muhammad sallim siregar

    date_range 16 Desember 2020 08:58:20

    Saya sedang pengajuan numpang nikah ...dan di kantor [...]
  • person Admin

    date_range 13 November 2020 16:48:42

    Silahkan menghubungi pemdes di desa nya bu.. [...]
  • person Liana dewi

    date_range 13 November 2020 03:32:29

    Pak saya ingin buat surat pindah dari desa krng Rejo,lampung [...]
  • person Admin

    date_range 05 November 2020 02:49:12

    Silahkan pak, dapat menghubungi sekretariat Opendesa [...]
  • person Wakhyudin

    date_range 04 November 2020 15:27:10

    Salam kenal dari Sekretaris Desa Brekat Kecamatan Tarub [...]
  • SYAFRUDIN ALI

    Kepala Desa

  • MUHTAR

    Sekretaris Desa

  • APRIAN HANDIKA

    Kasi Pemerintahan

  • AGUS HENDRA IRAWAN

    Kasi Kesra

  • DINA MULYANI

    Kasi Pelayanan

  • AMONG DAUD

    Kaur Keuangan

  • KISDIYANTO

    Kaur Umum

  • BAMBANG IRAWAN

    Kaur Perencanaan

  • KOMARUDIN

    Kadus I

  • ISMAIL

    Kadus II

  • ROBANI.T

    Kadus III

  • SANUSI

    Kadus IV

  • SARJAYA

    Operator Desa

  • MUKMINAH

    Pengurus Barang

settings Pengaturan Layar

fingerprint

230 views

Pengunjung Hari Ini

13.2 %
Kemarin 1.742 views

router OpenSID 21.10-premium-rev01

  • lock Login Aplikasi
    Halaman Administrator

  • print Layanan Mandiri
    Permohonan Surat, Cetak KK, dll

  • room Lokasi Kantor
    Desa Cugung