Selamat Datang Di Website Resmi Desa Cugung Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan

Artikel

RASINAH "DUTA GENRE UIN RADEN INTAN LAMPUNG 2020"

19 Agustus 2020 15:50:46  Admin SID  316 Kali Dibaca  Berita Desa

Cugung,Rabu 19 Agustus 2020..

 

17 Agustus 2020 adalah hari yang bersejarah bagi bangsa indonesia,hari dimana bangsa indonesia memproklamasikan kemerdeka'an nya dari para penjajah negeri pada masa itu.

Berbagai kegiatan dan acara gegap gempita dalam merayakan hari yang bersejarah tersebut dari sabang sampai merauke,di desa,di kota dan di seluruh penjuru negeri.

UIN RADEN INTAN LAMPUNG,Masih dalam semangat '45,Pada kegiatan pemilihan Duta Genre Tahun 2020,telah mengumumkan pemenang sebagai juara 1 (satu) Duta Genre UIN Raden Intan Lampung adalah " RASINAH" sebagai juara 1 (satu).seorang mahasiswi perguruan tinggi UIN LAMPUNG yang berasal dari Desa Cugung Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan.

"SELAMAT "... 

Ucapan tersebut kami sampaikan atas nama warga desa cugung untuk Ananda RASINAH,semoga menjadi motivasi untuk diri sendiri,teman,keluarga dan sahabat,serta dapat di amalkan untuk kebaikan sesama...

Semoga dengan semangat mengisi kemerdeka'an Republik Indonesia melalui Belajar, dapat bermanfa'at bagi diri sendiri,keluarga,sahabat,bangsa dan agama.

 

SEKILAS TENTANG "duta genre"

(dikutip dari : http://www.genreindonesia.com/duta-genre-indonesia/)

 

Latar Belakang

Dalam rangka merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Untuk mencapai tujuan diatas, maka di dalam program GenRe dikembangkan materi-materi diantaranya adalah Kesehatan Reproduksi Remaja, Life Skill, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga, serta Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Program GenRe dilaksanakan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sesuai dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya dengan teman sebaya.

Pada saat ini, PIK Remaja berjumlah sekitar 23.579 tersebar di 34 Provinsi yang diharapkan menjadi wadah bagi remaja untuk berkumpul, berbagi cerita, berkreatifitas dan saling tukar informasi. PIK Remaja dikembangkan melalui jalur pendidikan dan masyarakat. Jalur pendidikan meliputi sekolah, perguruan tinggi, dan pesantren. Di jalur masyarakat diantaranya melalui organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, dan komunitas remaja. Kedua jalur tersebut merupakan sasaran yang penting untuk mendekati komunitas remaja.

Dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe, khususnya pengembangan PIK Remaja sebagai sebuah wadah pelayanan informasi dan konseling, maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja. Figur motivator inilah yang akan menjadi wakil atau Duta GenRe. Dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan promosi program GenRe dilingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sehingga menjadi ramah remaja. Disamping itu, di lingkungan remaja secara umum, ikon Duta GenRe dirasa memberi nilai lebih dalam hal sosialisasi dan promosi program GenRe.

Tujuan

1. Tujuan Umum

Meningkatkan sosialisasi dan promosi Program KKBPK melalui program GenRe di kalangan remaja agar memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

2. Tujuan Khusus

  1. Mengembangkan citra positif Program GenRe melalui figur Duta GenRe.
  2. Meningkatkan promosi Program KKBPK di lingkungan remaja.
  3. Menambah luas jejaring kemitraan dan pemangku kepentingan terhadap program GenRe dan KKBPK melalui Duta GenRe.

Hasil yang Diharapkan

  1. Terpilihnya Duta GenRe tahun 2017 jalur pendidikan dan jalur masyarakat yang dapat menjadi contoh, figur dan teladan bagi remaja lainnya.
  2. Meningkatnya dukungan pemangku kepentingan dan mitra kerja terhadap Program GenRe.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Wilayah Desa

Agenda

Aparatur Desa

Back Next

Ketua RT

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:7
    Kemarin:607
    Total Pengunjung:41.856
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:23.21.4.239
    Browser:Tidak ditemukan

Sinergi Program

Layanan online capil
tiket online pemkab lam-sel siks-ng
youtube opensid opensid wiki portal kemendes
pajak online kominfo
youtube tutorial

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln,Wisata Air Terjun Desa Cugung
Desa : Cugung
Kecamatan : Rajabasa
Kabupaten : Lampung Selatan
Kodepos : 35551
Telepon : 081927902738
Email : cugungdesa@gmail.com.

Arsip Artikel

28 Maret 2019 | 5.584 Kali
RT (Rukun Tetangga)
01 Januari 2019 | 5.584 Kali
Visi dan Misi
30 April 2019 | 5.583 Kali
Profil Desa
05 Desember 2019 | 5.579 Kali
Struktural Pem-Des
18 September 2019 | 5.576 Kali
LPM Desa Cugung
30 November 2019 | 5.327 Kali
PKK
01 Januari 2019 | 5.155 Kali
Sejarah Desa
21 Januari 2020 | 4.843 Kali
Guru Ngaji
22 Juli 2020 | 87 Kali
Pendataan Potensi Usaha Warga Desa Cugung
30 April 2019 | 5.583 Kali
Profil Desa
01 Januari 2019 | 5.155 Kali
Sejarah Desa
31 Agustus 2020 | 186 Kali
Mantaf... Mulai 01 September 2020 Disduk Capil Lam-Sel Melayani Secara Online
02 Januari 2020 | 4.862 Kali
Struktural Posyandu Balita
01 Januari 2020 | 5.123 Kali
Struktural PKK

Dokumentasi Pembangunan Rabat Desa Cugung Tahun 2020

Kritik & Saran