Desa Cugung

Kec. Raja Basa, Kab. Lampung Selatan
Prov. Lampung

Loading

Desa Cugung

Perayaan

Hari Ibu

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik

Selamat Datang di

Sistem Informasi Desa Cugung

Menuju Digitalisasi Desa Untuk Pelayanan Prima

Info
Selamat datang di halaman website resmi Desa Cugung -- selengkapnya...

Berita Desa

DAFTAR PENGURUS TIM PENGGERAK PKK

DESA CUGUNG KEC. RAJABASA KAB. LAMPUNG SELATAN

PERIODE 2020-2025

No.

Kedudukan dalam Tim

Nama

Alamat

1.

Ketua

Zuliyah

Cugung RT 009 RW 003

2.

Wakil Ketua

Isnawati

Cugung RT 004 RW 005

3.

Sekretaris

Aryati

Cugung RT 005 RW 005

4.

Bendahara

Rohimah

Cugung RT 001 RW 002

5.

Ketua Pokja I

 

Cugung RT 004 RW 004

6.

Wakil Ketua Pokja I

 

Cugung RT 002 RW 004

10.

Sekretaris Pokja I

 

Cugung RT 004 RW 004

11.

Anggota Pokja I

 

Cugung RT 003 RW 001

12.

Ketua Pokja II

 

Cugung RT 003 RW 004

13.

Wakil Ketua Pokja II

 

Cugung RT 004 RW 004

14.

Sekretaris Pokja II

 

Cugung RT 003 RW 003

15.

Anggota Pokja II

 

Cugung RT 004 RW 004

16.

Ketua Pokja III

 

Cugung RT 001 RW 003

17.

Wakil Ketua Pokja III

 

Cugung RT 002 RW 004

18.

Sekretaris Pokja III

 

Cugung RT 001 RW 002

19.

Anggota Pokja III

 

Cugung RT 003 RW 003

20.

Ketua Pokja IV

 

Cugung RT 004 RW 005

21.

Wakil Ketua Pokja IV

 

Cugung RT 002 RW 004

22.

Sekretaris Pokja IV

 

Cugung RT 005 RW 005

23.

Anggota Pokja IV

 

Cugung RT 002 RW 005

 

10 Program Pokok PKK

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
  2. Gotong Royong
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan serta Tatalaksana Rumah Tangga
  6. Pendidikan serta Ketrampilan
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup
  10. Perencanaan Sehat

 

Tugas TP PKK

Sekretaris

Tugas sekretaris meliputi urusan tata usaha dan urusan dalam, seperti :

  1. Mengagendakan dan menyimpan surat masuk dan surat keluar mulai dari Januari s/d Desember tahun berjalan,
  2. Mempersiapkan dan mengatur ruang rapat dan keperluan Alat Tulis Kantor (ATK), dan
  3. Bertanggung jawab atas keadaan rumah tangga kantor yang meliputi tata tertib, keamanan, kebersihan dan barang-barang inventaris.

Bendahara

Tugas yang dilaksanakan bendahara meliputi :

  1. Membuan laporan keuangan, baik laporan individu, laporan tahunan serta laporan umum dalam rangka serah terima jabatan ketua,
  2. Pemeriksaan keuangan selama kurun waktu Januari s/d Desember tahun berjalan baik itu penerimaan ataupun pengeluaran.

Pokja 1

1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

  1. Melaksanakan penyuluhan Undang-undang Perkawinan.
  2. Ceramah kesadaran hukum, penanggulangan kenakalan remaja dan narkoba bekerjasama dengan dinas / instansi terkait.
  3. Pembentukan dan pembinaan terhadap kelompok Majlis Taklim.
  4. Penyuluhan tentang Panca Darma Wanita, diadakan dalam bina wilayah yang di ikuti oleh kelompok PKK Dusun , Kelompok PKK RT dan Dasa Wisma.
  5. Melaksanakan Pembinaan kepada BKB 4 ( Empat ) kelompok BKR 3 (Tiga) Kelompok, dan BKL 3 ( Tiga ) kelompok.
  6. Membina Simulasi gender dilaksanakan pada minggu Ke-4 ( Empat ) setiap bulan.

2. Gotong Royong

  1. Mengikuti Lomba K-3.
  2. Melaksanakan kegiatan kerja bakti setiap hari Sabtu ( Sabsih ) di lingkungan desa
  3. Mengadakan kegiatan arisan, jimpitan, dan rukun kematian.
  4. Monitoring Kegiatan K-3 di lingkungan Dusun dan RT di desa
  5. Memelihara dan memupuk gotong royong dilingkungan desa
  6. Pemberian sumbangan kepada anak yatim piatu, orang jompo, dan korban bencana alam.

Pokja 2

3. Program Pendidikan dan Keterampilan

  1. Mengadakan latihan keterampilan, kursus bunga dari sedotan, kain perca, atau plastik, membuat boneka gantungan dari pita, hantaran pengantin dan membuat emping dari melinjo.
  2. Melaksanakan pendataan dan pencatatan kader yang sudah ada dan mencari kader yang baru.
  3. Membina dan mengembangkan kader BKB dan PAUD , untuk meningkatkan pengetahuan Ibu dalam kembang anak dalam keluarga.
  4. Menyempurnakan dan menambah BKBN yang sudah ada.
  5. Pembinaan Kelompok BKB.
  6. Pembinaan Kelompok Anak Usia Dini ( PAUD ).
  7. Pembinaan kelompok BKR dan BKL.

4. Program Pengembangan Kehidupan Berkoprasi

  1. Mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang manfaat koperasi.
  2. Membina dan mengembangkan UP2K di semua kelompok PKK Dusun dan Kelompok PKK RT sehingga manfaatnya semakin berarti bagi usaha masyarakat, terutama bagi kelompok yang memerlukan modal.
  3. Penyuluhan dalam upaya meningkatkan peran serta dalam pembentukan dan peningkatan simpan pinjam pra koperasi dan koperasi.

Pokja 3

5. Program Sandang

  1. Penyuluhan berbusana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam cara berbusana yang baik dan sopan sesuai dengan situasi dan keadaan.
  2. Pembinaan keterampilan menjahit untuk memenuhi kebutuhan pakaian keluarga dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga.
  3. Menciptakan kesadaran cinta pakaian daerah dan nasional.
  4. Meningkatkan kemampuan membuat keterampilan dan memasarkan hasilnya.

6. Program Pangan

  1. Mengadakan lomba cipta menu sehat dan bergizi serta lomba menghias kue baik di tingkat kelurahan maupun tingkat kelompok PKK Dusun/RT.
  2. Mengadakan penyuluhan Tabulapot dan Tabulakar.
  3. Sosialisasi tentang mutu bahan pangan asal hewan.
  4. Mengadakan lomba tumpeng tingkat Dusun
  5. Penyuluhan tentang manfaat pekarangan bukan hanya untuk keindahan dan kesejukan saja tetapi juga untuk peningkatan perekonomian keluarga.
  6. Penyuluhan tentang keanekaragaman makanan nusantara dari bahan pokok non beras.
  7. Menumbukan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, dan berimbang ( 3B ).

7. Program Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga

  1. Penyuluhan lingkungan pemukiman
  2. Penyuluhan mengenai K-3 dan sampah agar dikelola oleh masyarakat menjadi pupuk kompos / organic.
  3. Peningkatan sarana air bersih agar masyarakat memperoleh air bersih dan mampu memperbaikinya.
  4. Melaksanakan penyuluhan rumah sehat dan layak huni serta meningkatkan pemanfaatan halaman dan tanah pekarangan dengan hatinya PKK.

Pokja 4

8. Program Kesehatan

  1. Sosialisasi tentang pentingnya olahraga.
  2. Pemanfaatan Posyandu untuk peningkatan mutu dan pencakupan posyandu.
  3. Penyuluhan GSI di setiap posyandu, agar tercapainya penurunan angka kelahiran dan kematian bayi serta ibu hamil.
  4. Peningkatan imunisasi.
  5. Penyuluhan dan pengembangan tentang obat-obat tradisional bekerjasama dengan Puskesmas.
  6. Penyuluhan tentang kepedulian dan peran keluarga terhadap Lansia
  7. Pembinaan keluarga sadar gizi, mengenal keanekaragaman makanan, pemeriksaan kesehatan, menggunakan garam yodium, ASI dan sarapan pagi.
  8. Pembinaan Posyandu.
  9. Pemberian makanan tambahan ( PMT ) bagi balita dan Lansia.

9. Program Kelestarian Lingkungan Hidup

  1. Penyuluhan PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ).
  2. Penyuluhan tentang pemanfaatan tanah kosong / pekarangan.
  3. Penyuluhan tentang air bersih, penyegaran dan penhijauan.
  4. Penyuluhan tentang pengertian dan kesadaran mengenai arti peran pentingnya peran lingkungan hidup yang sehat, bebas polusi, mencegah erosi, dfan melestarikan lingkungan.
  5. Penyuluhan pemberantasan sarang nyamuk untuk mencegah DBD (Demam Berdarah Dengue) dengan cara 3M.

10. Program Perencanaan Sehat

  1. Penyuluhan tentang Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera ( NKKBS ) yang dilaksanakan dalam kegiatan Posyandu.
  2. Penyuluhan gemar menabung untuk kehidupan dan penghidupan masa depan.
  3. Penyuluhan tentang KB mandiri.
  4. Melaksanakan penyuluhan tentang 8 ( delapan ) fungsi keluarga.
  5. Melakukan penyuluhan reproduksi KB di Usia subur.
  6. Melaksanakan penyuluhan tentang pengelolaan keuangan keluarga dengan cara hidup yang hemat dan sederhana.
  7. Melaksanakan pendataan keluarga.

Kiriman Komentar

Beri Komentar

Desa

853

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI853penduduk

791

PEREMPUAN

PEREMPUAN791penduduk

1.644

TOTAL

TOTAL1.644penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

3

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

4

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

1

Orang

Masuk

4

Orang

Pindah

3

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

1

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

3

Surat

Bulan Ini

24

Surat

Bulan Lalu

36

Surat

Tahun Ini

389

Surat

Tahun Lalu

1,053

Surat

Total

3,669

Surat

Statistik Pengunjung
Hari ini : 271
Kemarin : 612
Total Pengunjung : 2.236.440
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.138.175.166
Browser : Mozilla 5.0
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 15:00:00
Selasa 08:00:00 15:00:00
Rabu 08:00:00 15:00:00
Kamis 08:00:00 15:00:00
Jumat 08:00:00 11:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Statistik Pengunjung
Hari ini : 271
Kemarin : 612
Total Pengunjung : 2.236.440
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.138.175.166
Browser : Mozilla 5.0
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 15:00:00
Selasa 08:00:00 15:00:00
Rabu 08:00:00 15:00:00
Kamis 08:00:00 15:00:00
Jumat 08:00:00 11:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

Transparansi Anggaran

APBDesa 2023 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.162.501.427,27Rp. 1.194.513.837,00

97.32%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.191.153.220,00Rp. 1.235.581.875,95

96.4%

Pembiayaan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 41.068.038,95Rp. 41.068.038,95

100%

APBDesa 2023 Pendapatan

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 788.058.000,00Rp. 788.058.000,00

100%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 49.037.900,00Rp. 49.037.900,00

100%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 319.061.800,00Rp. 351.417.937,00

90.79%

Bantuan Keuangan Provinsi

Realisasi | Anggaran

Rp. 6.000.000,00Rp. 6.000.000,00

100%

Bunga Bank

Realisasi | Anggaran

Rp. 343.727,27Rp. 0,00

100%

APBDesa 2023 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 657.766.220,00Rp. 695.743.875,95

94.54%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 225.667.000,00Rp. 230.617.000,00

97.85%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 52.133.000,00Rp. 52.133.400,00

100%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 169.387.000,00Rp. 170.887.600,00

99.12%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 86.200.000,00Rp. 86.200.000,00

100%
Pemerintah Desa

SYAFRUDIN ALI

Kepala Desa

MUHTAR

sekretaris desa

APRIAN HANDIKA

Kasi Pemerintahan

AGUS HENDRA IRAWAN

Kasi Kesra

DINA MULYANI

Kasi Pelayanan

AMONG DAUD

Kaur Keuangan

KISDIYANTO

Kaur Umum

BAMBANG IRAWAN

Kaur Perencanaan

KOMARUDIN

Kadus I

ISMA'IL

Kadus II

ROBANI.T

Kadus III

SANUSI

Kadus IV

SARJAYA

Operator Desa

MUKMINAH

Pengurus Barang

SYARIFUDDIN

Ketua RT 001

ASMANI

Ketua RT 002

SUEDI

Ketua RT 003

ROHANAH

Ketua RT 004

SADAM

Ketua RT 005

HUMAEDI

Ketua RT 006

HARIS

Ketua RT 007

M. SAAN

Ketua RT 008

KHOLIFAH

Ketua RT 009

WARDI

Ketua RT 010

SUKI

Ketua RT 011

NAWAWI

Ketua RT 012