Gercep,.... Suspek DBD, Tim Nakes Rajabasa Serang Nyamuk Sampai Ke Sarangnya

09 Februari 2023
Admin
Dibaca 161 Kali
Gercep,.... Suspek DBD, Tim Nakes Rajabasa Serang Nyamuk Sampai Ke Sarangnya

Demam berdarah menjadi salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti karena penularannya yang terbilang cepat dan dapat berujung pada kematian.Demam berdarah atau dengue hemorrhagic fever (DBD) merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui perantara nyamuk Aedes aegypti sebagai tempat hidup dan vektor utamanya. Nyamuk Aedes aegypti menularkan virus penyebab demam berdarah tersebut melalui gigitan kecil ke dalam kulit manusia.

Antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah di desa cugung, tim tenaga kesehatan puskesmas rajabasa bersama pemerintah desa lakukan fogging di lokasi suspek warga terjangkit demam berdarah. hal tersebut berdasarkan laporan kesehatan bahwa terdapat warga yang sakit akibat indikasi demam berdarah, selain dilakukan fogging, tim nakes juga kunjungi beberap rumah-rumah warga di sekitar lokasi untuk memberikan sosialisasi kepada warga setempat sekaligus memeriksa potensi genangan air di sekitar lokasi suspek dan memberikan arahan agar lebih menjaga kebersihan lingkungan sehingga dapat meminimalisir munculnya jentik nyamuk penyebab demam berdarah.

Selaku nakes yang bertugas di desa cugung, Bidan Wati dan tim menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar senentiasa menjaga kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyebaran penyakit demam berdarah, "tolong di gerakan lagi kegiatan jum'at bersih nya biar lingkungan dan saluran-saluran air jadi bersih dan gak ada genangan air", tambah nya kepada pemdes.