• Jl. Wisata Air Terjun Desa Cugung
  • 081927902738
INFO
  • Pemerintah telah mengimbau agar masyarakat bersiap untuk new normal alias hidup “berdampingan” dengan COVID-19 sambil menjalani aktivitas seperti biasa. Namun, tetap ada batasan-batasannya. Batasan apakah yang perlu diterapkan?

Klarifikasi masalah keterangan Bansos dari Kemensos yang harus kita ketahui bersama

08 Juni 2020 Utay Berita Desa Dibaca 264 Kali

Cugung,08 juni 2020...

Menerima klarifikasi dan penjelasan dari Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan terkait pemahaman banyak warga khususnya di lampung selatan terkait kepesertaan warga yang terdaftar pada aplikasi Dinas Sosial SIKS-NG,pemerintah desa cugung mencoba melakukan kroscek dan percobaan untuk memasukan beberapa data warga kedalam aplikasi dinas sosial SIKS-NG tersebut.

Berikut ini adalah aplikasi kemensos SIKS-NG yang di gunakan dinas terkait untuk memudahkan warga masyarakat mencari data by name by NIK/ID

 

 

Dari percobaan yang kami lakukan dengan memasukan salah satu warga yang berdasarkan data kami bahwa nama tersebut tidak mendapatkan bantuan baik itu BLT DD,BLT KEMENSOS,BLT APBD. ternyata pada aplikasi SIKS-NG nama tersebut masuk dalam daftar Kepesertaan DTKS 2020.

 

 

 

Berdasarkan sosialisasi atau penjelasan yang di berikan oleh Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial Kabupaten Lampung Selatan dan berdasarkan hasil percobaan peng inputan kami bahwa nama dan ID yang masuk dalam daftar kepesertaan DTKS adalah bukan berarti nama tersebut masuk sebagai nama penerima bantuan BLT ataupun sebagai penerima bantuan seperti PKH.

Kroscek ini kami lakukan sekaligus dalam rangka memberi pemahaman kepada masyarakat secara umum dan khususnya kepada masyarakat desa cugung yang telah melakukan pencarian data pada aplikasi tersebut bahwa perlu memperhatikan keterangan secara lengkap dan seksama pada tabel hasil pencarian,seperti yang terlihat pada gambar bahwa pada tabel terdapat kolom keterangan KEPESERTAAN dengan isi berupa ( status : -  ) 

Kolom tersebut menjelaskan bahwa tidak semua nama ataupun ID yang telah di masukan kolom pencarian pada aplikasi SIKS-NG merupakan warga yang dapat menerima BLT atau pun PKH,karena terdapat keterangan status - (min) yang menandakan bahwa nama tersebut bukan sebagai penerima program bantuan dari kemensos.

Apabila pada kolom kepesertaan tersebut terdapat keterangan jenis bantuan dari kemensos maka dapat di artikan bahwa nama tersebut sebagai nama atau keluarga penerima manfaat bansos.

Demikian keterangan ini kami buat berdasarkan penjelasan dari Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan sebagai tindak lanjut penjelasan kepada masyarakat khusus nya masyarakat desa cugung agar kita sama-sama memahami aplikasi SIKS-NG tersebut dan agar tidak menimbulkan kesalah pahaman di masyarakat.

Kesimpulan : jika kita melakukan pencarian data sosial mohon di cermati kolom keterangan kepesertaan pada aplikasi tersebut.

penasaran ??? silahkan coba masuk dan masukan ID/NIK anda dan nama sesuai KTP ke link SIKS-NG di link berikut :

https://cekbansos.siks.kemsos.go.id

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar