Selamat Datang Di Website Resmi Desa Cugung Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan  

KONTEN SAYEMBARA PEMANFA'ATAN OPENSID

Admin SID | 01 Januari 2020 01:02:03 | Berita Desa | 129 Kali

salam berdesa,,,

Cerita singkat admin...

berawal dari sulitnya dalam tata kelola administrasi desa khususnya dalam urusan pembuatan surat menyurat di desa serta dalam pendataan administrasi kependudukan yang sangat banyak dan komplexs.
dengan keyakinan bahwa pastinya ada satu solusi kemudahan dalam hal tersebut berhari hari melakukan pencarian meski dengan kata kunci pencarian di google yang sama sekali tidak ada pengetahuan bahwa ternyata ada satu aplikasi yang mendukung dan menyediakan semua fitur untuk tata administrasi di desa yang sangat mambantu. dengan keyakinan dan kesabaran akhirnya membaca satu artikel yang menjelaskan tentang kemudahan dalam administrasi desa yang bernama OPENSID.
di lanjutkan dengan googling untuk lebih mengetahui aplikasi tersebut akhirnya mendapati satu kontak telepon whatsapp atas nama Herry Wanda yang ternyata adalah sebagai Sekretariat di OPENDESA,pertanyaan-pertanyaan yang sangat panjang saya lontarkan demi keingin tahuan yang besar,barangkali kalo bukan beliau yang ternyata seorang yang ramah mungkin telpon saya sudah di matikan nya karena pertanyaan-pertanyaan bodoh yang saya kemukakan heheee,,,,terima kasih atas kesabaran nya.

lanjut,,,,,

Setelah kemudian sedikit mengerti cara dan aturan penggunaan aplikasi opensid akhirnya mencoba melakukan instalasi aplikasi secara offline itupun berhari hari sambil mencari pengetahuan di google akhirnya aplikasi SID berhasil di install,
sungguh proses yang panjang dan sulit mengingat juga dengan segala keterbatasan saya dalam bidang ilmu teknologi,namun dengan usaha yang pantang menyerah serta yakin akhirnya dapat juga terlaksana.
setelah itu kemudian di lanjutkan dengan pengisian database kependudukan yang di peroleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang juga merupakan proses yang cukup rumit mengingat bahwa formatnya berbeda dengan format input yang di haruskan yaitu untuk pengisian wilayah RT dan Dusun serta penyesuaian kolom isian,serta terpaksa harus meng input NIK secara manual sebanyak -+ 1.600 jiwa di karenakan pihak dinas kependudukan setempat belum ada ikatan kerjasama dengan pihak terkait yang membawahi Desa-Desa di Lampung Selatan sehingga pemberian NIK belum legal untuk di bagikan ke pihak lain,namun kembali dengan kesabaran dan keyakinan akhirnya dapat juga terlaksana...

Setelah opensid offline kami gunakan untuk pelayanan warga kembali terpikir untuk meng- online kan SID tersebut sehingga menjadi sarana berita dan informasi publik desa atau dengan sebutan website resmi desa.

Alhamdulillah dengan dorongan serta support Kepala Desa kami,Kepala Desa Cugung (Syafrudin Ali) dan rekan aparatur Desa lainya, akhirnya Sistem Informasi Desa (SID) Desa Cugung Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan mengudara dengan URL : www.cugung-rajabasa.desa.id/  

 Demikian sepenggal cerita kami awal mula menggunakan Sistem Informasi Desa (SID) yang mulai kami gunakan pada Bulan September 2019,Bertepatan dengan masa kepemimpinan kepala Desa yang baru hasil pemilihan kepala Desa 2019.

 

 

APA SAJA MANFA'AT OPENSID?

Ada banyak manfaat yang di peroleh dari penggunaan aplikasi Website berbasis Sistem Informasi Desa (SID),khususnya bagi aparatur pemerintah Desa Yaitu :

"Ada sekitar 50 lebih model surat yang umumnya di gunakan di desa dan masing-masing model surat tersebut otomatis dalam pengurutan nomor surat nya".

"Surat menyurat adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan tugas dan kewajiban aparatur Desa dalam pelayanan kepada masyarakat Desa, bahkan tugas perangkat desa selain siang pada jam kerja juga harus dapat melayani keperluan warga tsb pada malam hari dari mulai surat lahir warga sampai surat meninggalnya warga,artinya bahwa di antara lahir dan meninggalnya warga terdapat bermacam rupa keperluan dalam bentuk surat menyurat,dan keseluruhan jenis surat tersebut untuk pembuatan nya hanya cukup dengan mencari jenis surat yang di inginkan dan mengisi nama pada kolom pemohon atau yang di maksud,kemudian isian data selanjutnya akan ter isi secara otomatis sesuai kolom format surat dan hanya tinggal menambah keterangan pada kolom sesuai jenis surat,berikut sebagai contoh nya :

contoh surat kelahiran

contoh form akta lahir

"Kebutuhan untuk pelaporan administrasi kependudukan yang banyak jenisnya akan otomatis terisi jika database kependudukan sudah terisi,seperti laporan bulanan penduduk,laporan mutasi penduduk dan lain nya,dan kesemuanya tinggal print untuk kebutuhan pelaporan desa".

ice_screenshot_20200101-152233

"Tersedianya fitur surat menyurat niaga baik jual beli umum,jual beli tanah,hibah tanah atau waris yang sudah sesuai dengan aturan format yang berlaku pada umumnya".

Dengan adanya fitur surat menyurat niaga seperti surat pernyataan jual beli tanah,surat hibah tanah atau waris,hal ini tentu akan sangat membantu pemerintah desa untuk pelayanan surat tersebut dengan lebih baik dan lebih cepat,alhamdulillah dengan adanya opensid pelayan tersebut menjadi sangat terbantu dan hasil cetak pun menjadi rapih dan teratur.

manfa'at-manfa'at lainya dari opensid :

Fitur menu bantuan masyarakat desa dapat sekaligus ter validasi secara real dan benar mengingat otomatisasi antara nik dan nama serta alamat warga,seperti untuk pengisian data pkh,data bpjs,data bpnt dan lain nya sehingga kemudian data yang kita buat dan kita laporkan akan benar sesuai data penduduk.

 

Tersedia fitur menu pengisian inventaris desa yang cukup lengkap serta hasil print out nya sesuai dengan data yang di butuhkan dan dengan penomoran jenis barang yang akuntabel.

 

Tersedia fitur menu pertanahan yang cukup lengkap sehingga untuk data dan pelaporan wajib pihak desa kepada pihak terkait dapat terlaksana dengan benar.

 

keterangan :

bahwa keseluruhan format surat menyurat yang ada di opensid sudah tersedia dan bisa di cetak langsung hanya dengan mengetikan nama/NIK orang yang di maksud dan beberapa keterangan,Selain itu jika dalam keadaan darurat bisa kita buat menggunakan smart phone atau Android.

Demikian beberapa uraian mengenai pemanfa'atan Sistem Informasi Desa (SID),semua uraian dan video pada artikel ini semata -mata hanya untuk meng inspirasi dan memotivasi kami yang tentunya sangat jauh dari kesempurnaan,namun dengan tekad kami untuk mengabdi kepada Desa kami semoga menjadi pembelajaran yang bermanfa'at. kritik dan saran yang membangun dari warga khususnya warga Desa Cugung semoga Desa kita lebih maju,Amminn...

Berikut kami sertakan sekilas video tentang Desa kami yang memanfa'atkan Sistem Informasi Desa (SID).

 

Salam Berdesa.....

 

 

 

Dokumen Lampiran : Permen Kominfo No 1 Tahun 2018 Tentang SID


Komentar atas KONTEN SAYEMBARA PEMANFA'ATAN OPENSID

admin 05 Januari 2020 11:17:16
Kang,hermansyah, bisa,semua penggunaan surat di dalam SIDsudah link dengan data kependudukan atau database yang tersedia.
Urang cugung 05 Januari 2020 10:26:55
Keren eyyyy.... Semangat.... Moga juara juara...
Hermansyah 05 Januari 2020 09:12:26
Apakah bisa link dengan data kependudukan

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Wilayah Desa

Agenda

Aparatur Desa

Back Next

Ketua RT

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Sinergi Program

Layanan online capil
tiket online pemkab lam-sel siks-ng
youtube opensid opensid wiki portal kemendes
pajak online kominfo
youtube tutorial

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln,Wisata Air Terjun Desa Cugung
Desa : Cugung
Kecamatan : Rajabasa
Kabupaten : Lampung Selatan
Kodepos : 35551
Telepon : 081927902738
Email : cugungdesa@gmail.com.

Dokumentasi Pembangunan Rabat Desa Cugung Tahun 2020

Kritik & Saran